Selasa, 14 Mei 2013

seoul tower


N Seoul Tower adalah menara komunikasi dan observasi yang dibangun di atas Gunung Namsan di pusat kota Seoul. Dibangun pada tahun 1969 dan terbuka untuk publik tahun 1980. Menara ini sudah menjadi simbol untuk Seoul, dengan tinggi 236,7 meter (777 kaki) atau 479,7 meter (1,574 kaki) di atas permukaan laut.
Menara ini juga disebut dengan nama Namsan Tower atau Seoul Tower. Setelah pemilik aslinya merger dengan CJ Corporation, maka namanya diganti jadi N Seoul Tower (nama resmi CJ Seoul Tower).
Pemandangan Seoul dilihat dari N Seoul Tower


Pengunjung ramai melewati Gunung Namsan dengan cable car dan berhenti di menara untuk jalan-jalan. Di dalamnya terdapat toko2 suvenir dan restoran di lantai bawah, dan untuk naik ke atas dikenakan biaya.
Ada 4 dek observasi (dek observasi ke-4 yang didalamnya ada restoran, bisa berputar setiap 48 menit). Kota Seoul bisa dilihat dari puncak menara, dan di dekat N Seoul Tower ada sebuah menara transmisi yang berbeda.

Ada satu hal unik di menara ini, yaitu pada puncak menaranya, ratusan bahkan mungkin ribuan gembok bernama Love Lock (사랑의 자물쇠) terpasang di pagar dengan berbagai macam tulisan berisi cita-cita yang dibuat oleh sepasang kekasih. Kemudian kunci gemboknya dibuang dengan harapan mereka tidak akan terpisahkan. Love Lock juga umum dilakukan di negara lain, contohnya di China, Uruguay, Taiwan, dsb.
Ide ttg pemasangan gembok di N Seoul Tower aslinya berasal dari turis lokal yg melihat hal seperti ini juga di Tokyo Tower. Kemudian makin terkenal setelah sepasang selebriti Korea, Alex dan Sinae datang berkencan di sana dalam acara MBC We Got Married, dan bahkan membuat angka penjualan gembok meningkat tajam.

Kebanyakan gembok dihias dan diberi stiker, ada juga yg tidak memakai gembok, misalnya dengan mamakai sepasang rantai sepeda yang dililit menjadi bentuk hati. Sayangnya gembok2 ini menjadi halangan bagi anak2 kecil yang ingin melihat Seoul dari atas dengan jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar